Ramadhan Datang Lagi..




Alhamdulilah Akhirnya kita bertemu lagi dengan bulan yang penuh rahmat dan keampunan “Bulan Ramadhan”.  Dimana semua umat islam didunia diwajibkan utuk menunaikan ibadah puasa bagi yang mampu. Seperti kita ketahui bersama Ramadhan adalah bulan penuh keampunan dimana Allah memberikan ruang yang seluas-luasnya pada hambaNya untuk  mensucikan diri,menghapus dosa-dosa  yang melekat atas diri,baik yang sengaja mahupun tidak sengaja.

Selain Menjalankan ibadah puasa kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh kita, sehingga disaat menjalankan ibadah puasa kondisi tubuh kita tetap sihat sejahtera.





Berikut ini ada sedikit tips supaya tetap sihat dalam menjalankan ibadah puasa

1. Minuman manis saat berbuka puasa

Minum minuman manis saat berbuka puasa sangat digalakkan kerana dengan meminum minuman yang manis akan memulihkan tenaga setelah seharian menjalankan ibadah puasa, seperti minum, teh manis, juice buah, dan sirap dan masih banyak yang lainnya. Hindari pula berbuka puasa berlebihan seolah-olah ”balas dendam” karana seharian perut kosong. 


2. Mengamalkan buah-buahan  dan sayur-sayuran segar

Selain mengamalkan minuman-minuman yang manis saat berbuka puasa juga sangat digalakkan untuk mengamalkan pengambilan buah-buahan  dan sayuran segar. Hal ini karena buah-buahan dan sayur yang segar mengandungi banyak vitamin dan mineral

3. Mengamalkan buah kurma waktu buka puasa

Seperti kita ketahui bersama bahwa buah kurma sangat membantu proses pencernaan. Ia yang mempunyai sakit .... dianjurkan oleh doktor untuk makan kurma sebagai pembuka saat berbuka puasa dan saat makan sahur. Dengan mengamalkan buah kurma tubuh senantiasa fit, dan tetap bertenaga menjalankan puasa dengan lancar, tanpa rasa sakit karena adanya gangguan pencernaan.

4. Melakukan olahraga

Meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa bukan bererti kita harus malas-malasan dan tidak berolahraga seperti hari-hari biasanya. Kita harus tetap melakukan aktiviti olahraga supaya tubuh kita tetap fit. Kita boleh melakukan olahraga pada petang hari menjelang buka puasa seperti lari-lari kecil atau bagi yang hobi main futsal boleh main futsal sambil menunggu buka puasa..x pun main badminton ka..

5. Mengamalkan pengambilan Suplemen

Yang terakhir yang tidak kalah pentingnya dengan yang diatas, iaitu dengan mengamalkan pengambilan suplemen, karena dengan mengkonsumsi suplemen dapat meningkatkan antioksida dalam tubuh ,senyawa radikal bebas sekitar 12% yang boleh menjadikan tubuh anda tetap fit dan sehat dalam beraktiviti.


Itulah tadi sedikit tips buat menjalankan ibadah puasa supaya tubuh tetap sehat sejahtera.Sehingga kita bisa menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan semoga Allah SWT, menerima ibadah puasa yang kita jalankan, amien.


No comments:

Post a Comment